Raja salman datang ke Indonesia

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud akhirnya tiba ditanah air setelah rencana kunjungan negara ini sempat tertunda tahun 2016. Membawa sekitar 1.500 rombongan, Raja Salman akan berada di Indonesia selama 9 hari.

Kunjungan itu terbagi menjadi dua agenda. Pada tanggal 1-3 Maret, Raja yang kini berusia 80 tahun itu akan berada di Jakarta. Sedangkan pada tanggal 4-9 Maret, Raja Salman memilih untuk berlibur di Pulau Bali.

Kedatangannya di Indonesia merupakan bagian dari rangkaian tur Asia untuk mengenalkan visi Arab 2030 di mana pemerintah berupaya untuk mengurangi ketergantungan terhadap minyak dan mengandalkan diversifikasi pendapatan ekonomi di sektor lainnya, antara lain kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan pariwisata. Konsep itu dikenalkan oleh Wakil Putera Mahkota, Mohammad bin Salman al Saud pada 25 April 2016.

Pemerintah Indonesia tidak ingin menyia-nyiakan kunjungan kedua Raja Saudi ini. Lantaran untuk memulai proses tersebut, dibutuhkan pendekatan ke Saudi sekitar dua tahun. Terakhir kali, Raja Saudi berkunjung ke Indonesia pada tahun 1970.

Indonesia berupaya memanfaatkan kunjungan ini dengan menyelaraskan visi maritim Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Arab 2030. Maka, Indonesia tidak lagi semata-mata fokus kepada isu tenaga kerja dan kuota haji.

Pemerintah berharap bisa ikut memperoleh investasi yang ditawarkan oleh negara Petro Dollar itu. Kerjasama di bidang kilang minyak memang termsuk dalam salah satu investasi yang diincar oleh Indonesia, selain bidang pariwisata.

Dalam tur selama 31 hari di Asia ini, Indonesia menjadi negara kedua yang disinggahi oleh Raja Salman.

Tak hanya ramai dibicarakan masyarakat Tanah Air, kunjungan bersejarah Raja Arab Saudi ke Indonesia ini pun menjadi sorotan dunia. Mengapa demikian?

Kondisi Raja Salman yang sudah sepuh diyakini menjadi alasan mengapa persiapan dari negeri kaya minyak itu cukup banyak. Sambutan dari pemerintah Indonesia atas kedatangannya pun terbilang cukup heboh.

Media-media asing dari berbagai negara pun ramai-ramai membuat berita kunjungan tersebut.

"Lautan cinta menyambut kedatangan Raja Salman di Indonesia". Begitu bunyi salah satu judul liputan media Arab Saudi berbahasa Ingris, Arab News.

Adapun foto-foto yang dipasang adalah murid-murid SD yang dengan wajah gembira melambaikan bendera Saudi dan Indonesia di pinggir jalan saat menyambut Raja Salman.

Sementara media Arab Saudi yang berbahasa Inggris lainnya, yakni Saudi Gazette mengunggah video berjudul "ribuan masyarakat sambut Raja Salman" yang berisi antusiasme masyarakat, dari anak-anak sekolah hingga orang dewasa, yang berdiri di pinggir jalan untuk menyambut langsung Raja Salman.

Media-media Arab Saudi juga ikut heboh memberitakan kedatangan Raja berjuluk pelayan dua kota suci itu ke Indonesia selama sembilan hari.
[Alislamedia]

Post a Comment

Al Islam Media

{picture#https://3.bp.blogspot.com/-V4XUeP9LVA8/WLwqjo21LNI/AAAAAAAAARw/SGjAYHt5FwEOpcj3egrtlDJ64MnIQWlXwCLcB/s1600/logo-Normal.jpg} Alislamedia adalah sebuah website yang dibangun dengan tujuan untuk berdakwah dijagad maya dengan ajaran yang sesuai dengan Ahlu Sunnah Wal Jamaah. {facebook#https://www.facebook.com/Al-Islam-Media-951541374980584/} {twitter#https://twitter.com/alislamedia} {google#https://plus.google.com/112566233403143663912}
Powered by Blogger.