Yang benar akhwat ataukah akhawat ?

Sudah sering kita dengar kata "akhwat" diucapkan baik oleh teman ataupun keluarga kita.

Kata ini merupakan bentuk jamak dari saudara perempuan ukhti atau /ukht/ (أخت).  Tulisan jamaknya adalah أخوات yang mestinya dibaca /akhawat/. Jadi seharusnya salah bukan transliterinya ? karena kita sering membacanya baik dalam chat dengan siapapun, poster atau apapun dengan tulisan "Akhwat", Bahkan para ustadzpun menggunakan frasa /akhwat/ bila dalam penulisanya meskipun tidak semuanya.

Namun, ternyata bahasa ini telah diserap menjadi kata dalam bahasa Indonesia sehingga kita punya aturan penulisan sendiri yang bisa dijadikan rujukan. Sehingga kata yang kita anggap transliterasinya salah /akhwat/ dan seharusnya /akhawat/ telah mempunyai bentuk EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) dengan menghilangkan huruf 'a' pada 'kha' sehingga menjadi 'akhwat'.

akhwat/akh·wat/ Ar n (bentuk jamak) 1 saudara perempuan; 2 teman perempuan (http://kbbi.co.id/arti-kata/akhwat dan http://kbbi.web.id/akhwat)

sehingga frasa akhwat sudah benar. Namun, bila kita menyebutkan kata ini kepada orang arab maka jangan lupa untuk menggunakan kata aslinya yaitu /akhawat/.

Wallahu a'lam bishawab.

Post a Comment

Al Islam Media

{picture#https://3.bp.blogspot.com/-V4XUeP9LVA8/WLwqjo21LNI/AAAAAAAAARw/SGjAYHt5FwEOpcj3egrtlDJ64MnIQWlXwCLcB/s1600/logo-Normal.jpg} Alislamedia adalah sebuah website yang dibangun dengan tujuan untuk berdakwah dijagad maya dengan ajaran yang sesuai dengan Ahlu Sunnah Wal Jamaah. {facebook#https://www.facebook.com/Al-Islam-Media-951541374980584/} {twitter#https://twitter.com/alislamedia} {google#https://plus.google.com/112566233403143663912}
Powered by Blogger.