10 Panglima perang hebat Islam

Panglima dalam sebuah peperangan sangatlah berperan penting, selain harus berani, kuat, cerdas, ia juga harus memiliki akhlaq yang bisa menjadi tauladan bagi seluruh pasukanya.

“Berangkatlah kamu baik dengan rasa ringan maupun dengan rasa berat, dan berjihadlah dengan harta dan jiwamu di jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (At-Taubah/9: 41)

Allah Subhanahu Wata'ala sendiri mewajibkan seluruh umatnya untuk berjihad baik dengan harta dan jiwa untuk membela agama. Sehingga banyak sekali para sahabat yang berjihad dijalanNya dan meninggal sebagai seorang Syuhada.

Berikut 10 panglima perang hebat dalam Islam :

1. Muhammad Al Fatih (sang penakluk)

Seorang pemuda belia yang dapat menaklukan konstantinopel yang kemudian mendapat gelar "Al Fatih". Semua berawal dari Bisyarah/janji Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam bahwa muslimin akan menaklukan Konstantinopel.

Yang berhasil menaklukanya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukanya adalah sebaik-baik pasukan. Beliau adalah Sultan Mehmed II atau yang biasa dikenal Muhammad Al-Fatih.

Teriakan takbir dan semangat jihad menjadi penenti nasib konstantinopel, sehingga akhirnya kota konstantinopel takluk ditangan Sulatan Mehmed II karena tidak kuat menahan gelombang serangan pasukanya.

2. Khalid Bin Walid (pedang Allah yang terhunus)

Khalid bin Walid merupakan panglima perang yang masuk ke medan perang puluhan kali dan tidak pernah kalah. Beliau terus mengukir namanya pada setiap momen jihad sehingga dijuluki sebagai Saifullah Al Maslul (Pedang Allah yang terhunus). Beliaupun berhasil menumpas nabi-nabi palsu termasuk Musailamah Al Kazab.

3. Saad Bin Abi Waqas (singa yang keluar dari kandangnya)

Beliau merupakan sahabat nabi yang ahli dalam memanah, beliaulah yang mendapat doa Rasulullah agar panahnya selalu tepat sasaran.

Saad bin Abi Waqas adalah salah satu sahabat Rasulullah yang dijamin masuk surga. Beliau juga adalah orang yang didoakan Rasulullah agar setiap doanya selalu diijabah Allah. Saad bin Abi Waqas tercatat sebagai orang pertama yang menumpahkan darah dijalan Allah.

Pada masa khilafah Umar bin Khattab beliau dipercaya untuk memimpin perang Qadisiyah. Hingga puncaknya pada 15 Hijriah muslimin berhasil memenangkan perang Qadisiyah yang menjadi tanda kejatuhan Imperium Persia.

4. Ali Bin Abi Thalib (panglima yang dicintai Allah dan RasulNya)

Ali bin Abi Thalib adalah salah seorang sahabat Rasul yang dijamin masuk surga. Beliau juga merupakan khalifah ke-4 Muslimin. Beliau salah satu sahabat yang di didik langsung oleh Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam.

Beliaulah yang menerima panji perang dan beliaulah seorang yang mencintai Allah dan RasulNya dan Allah dan RasulNya pun mencintainya. Ali bin Abi Thalib dan Zubair bin Awwam melawan 2 orang utusan yahudi dalam perang Khaibar yang memiliki tinggi 5 hasta yaitu Marhab dan Amir dan merekapun berhasil dikalahkan.

5. Usamah Bin Zaid (panglima termuda)

Dialah yang dicintai oleh Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam. Pada usia belia dia sudah bersemangat untuk mengikuti seuran jihad. Perang pertama beliau adalah pada usia 15 tahun yaitu pada perang Mu'tah.

Hingga pada akhirnya ketika beliau menginjak usia 18 tahun ia diangkat sebagai panglima perang dan harus memimpin sahabat-sahabat senior seperti : Abu Bakar, Umar, Ali dan sahabat lainya.

6. Amr Bin Ash (sang penakluk Mesir)

Rasulullah mempercayakan beliau menjadi panglima dan menyebarkan Islam di Oman. Pada zaman khalifah Umar beliau dipercaya untuk menaklukan Mesir.

Akhirnya beliau berhasil membebaskan Mesir dari kezhaliman. Amr bin Ash kemudian diberi kepercayaan untuk memimpin masyarakat Mesir. Dan dengan ditaklukanya Mesir membuka jalan untuk menaklukan Afrika dan Eropa.

7. Tariq Bin Ziyad (penakluk Andalusia)

Dengan semangat menyala, 12.000 pasukan yang dipimpin Tariq bin Ziyad melawan 100.000 pasukan Raja Roderick yang menentukan sejarah Spanyol dan Portugal.

Penaklukan ini mengantarkan Andalusia menjadi kota modern yang menjadi kiblat ilmu pengetahuan dunia selama 8 abad. Kejayaan ini tidak lepas dari panglima besar kaum muslimin yang dengan keberanian dan keshalehanya menjadi penghantar kejayaan Andalusia.

8. Shalahuddin Al Ayyubi (sang pembebas Al Quds)

Misi pertama yang dilakukan Shalahuddin Al Ayyubi adalah dengan menyatukan Aqidah umatnya. Salah satu tolak ukur yang dimiliki Shalahuddin dalam kesiapan umat ini untuk berjihad adalah dilihat dari shalat shubuhnya apakah sudah seperti shalat Jum'at atau belum.

Kemudian setelah shalat shubuhnya seperti shalat jum'at beliau memberangkatkan pasukanya untuk membebaskan Al Quds. Pada akhirnya kaum Muslimin berhasil membebaskan Al Quds untuk kedua kalinya. 

Beliau membangun Palestina baru dan semua orang bebas untuk hidup di Palestina apapun ras dan agamanya.

9. Zubair Bin Awwam (Sang pengawal Rasulullah)

Beliau termasuk yang pertama kali masuk Islam. Dan beliau juga termasuk sahabat yang dijamin masuk surga. Zubair adalah pemuda pemberani yang tidak pernah mau tertinggal didalam garis depan dalam membela Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam sehingga beliau mendapat gelar "Khawari Rasulullah" atau pembela Rasulullah.

Beliaulah dan Ali bin Abi Thalib yang berhasil mengalahkan 2 orang utusan yahudi pada perang Khaibar yang mempunyai tinggi 5 hasta.

10. Abu Ubaidah Bin Al Jarrah (orang paling amanah diumat ini)

Abu Ubaidah merupakan orang yang disebut sebagai orang yang paling amanh diumat ini, beliau adalah salah satu kandidat khalifah.

Meski bergelar Amanah beliau tidak pernah menginginkan jabatan, tetapi beliau tetap dipercaya oleh khalifah untuk memimpin perang melawan Romawi. Beliau memiliki keahlian didalam medan perang selain itu juga beliau memiliki keahlian memimpin yang tidak diragukan lagi karena beliau memiliki hati yang lembut dan lapang. [Alislamedia]
Tags : # #

Post a Comment

Al Islam Media

{picture#https://3.bp.blogspot.com/-V4XUeP9LVA8/WLwqjo21LNI/AAAAAAAAARw/SGjAYHt5FwEOpcj3egrtlDJ64MnIQWlXwCLcB/s1600/logo-Normal.jpg} Alislamedia adalah sebuah website yang dibangun dengan tujuan untuk berdakwah dijagad maya dengan ajaran yang sesuai dengan Ahlu Sunnah Wal Jamaah. {facebook#https://www.facebook.com/Al-Islam-Media-951541374980584/} {twitter#https://twitter.com/alislamedia} {google#https://plus.google.com/112566233403143663912}
Powered by Blogger.