Beberapa fakta seputar Raja Salman

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud akhirnya tiba ditanah air setelah rencana kunjungan negara ini sempat tertunda tahun 2016. Membawa sekitar 1.500 rombongan, Raja Salman akan berada di Indonesia selama 9 hari.

Kunjungan itu terbagi menjadi dua agenda. Pada tanggal 1-3 Maret, Raja yang kini berusia 80 tahun itu akan berada di Jakarta. Sedangkan pada tanggal 4-9 Maret, Raja Salman memilih untuk berlibur di Pulau Bali.

Menarik untuk diketahui bahwa kunjungan raja salman memiliki beberapa fakta yang sangat sayang untuk dilewatkan. yaitu :

1. Kunjungan Raja Salman di Indonesia Pertama Sejak 46 Tahun

Kunjungan Raja Salman ke Indonesia ini adalah yang pertama kali setelah 46 tahun silam Raja Arab Saudi, Raja Faisal, berkunjung ke Indonesia. Itulah terakhir kali Arab Saudi melakukan kunjungan ke Indonesia. Dan rencananya, DPR akan menayangkan video kunjungan Raja Faisal 46 tahun silam saat Raja Salman berkunjung Maret yang akan datang.

2. Berkunjung ke enam negara Asia termasuk Indonesia

Kunjungan Raja Salman ke Indonesia merupakan bagian dari tur Asia-nya yang mengunjungi enam negara Asia. Dilansir dari the Gulf News, Raja Salman beserta rombongannya memulai kunjungan ke negara-negara Asia mulai tanggal 26 Februari dengan berkunjung ke Malaysia. Setelah Malaysia, raja Salman akan menetap di Indonesia selama sembilan hari. Selepas dari Indonesia direncanakan pula Raja Salman beserta rombongan akan bertolak ke Jepang, Tiongok, Maladewa, dan Yordania.

3. Santunan Kepada Keluarga Densus 88

Kunjungan kali ini juga membahas tentang kerja sama mengenai pengatasan dalam bidang terorisme dan juga radikalisme. Termasuk juga pemberian santunan terhadap anggota Densus 88 Antiteror yang meninggal ketika sedang melaksanakan tugas. Pramono Agung mengungkapan orang tua dari petugas yang meninggal dihajikan oleh kerajaan Arab Saudi.

4. Memboyong 1500 orang dalam rombongan

Sang raja nampaknya menikmati berpergian dalam kelompok besar. BBC News melaporkan bahwa sekama berkunjung ke Perancis, Raja Salman memboyong 1000 orang keluarga dan sahabatnya. Kali ini Raja Salman akan memboyong 1500 orang termasuk 10 menteri dan 25 pangeran.

5. Membawa serta 25 Pangeran Saudi

Keduapuluh lima pangeran Saudi belakangan ini menjadi perbincangan hangat selama kunjungan raja Salman ke Indonesia. Diantara pangeran yang ikut serta ke Indonesia adalah Pangeran Khaiid bin Fahd bin Mohammed. Pangeran Mansour bin Saud, Pangeran Mohammed bin Fahd, Pangeran Talal bin Saud, Pangeran Khalid bin Bandar, Pangeran Sattam bin Saud, Pangeran Faisal bin Khalid bin Sultan, Pangeran Mansour bin Muqren, Pangeran Mohammed bin Abdurrahman, Pangeran Ahmed bin Fahd bin Salman, Pangeran Abdulrahman bin Badr, Pangeran Saud bin Salman, Pangeran Naif bin Salman dan Pangeran Rakan bin Salman. Kantor berita Antara melaporkan bahwa Pangeran Faisal bin Khalid bin Sultan dan Pangeran Abdulrahman bin Badr sangat aktif di media sosial.

6. Membawa tujuh pesawat terbang

Mengingat banyaknya peserta dalam rombongannya dalam lawatan ke Indonesia, raja Salman juga terbang dengan tujuh pesawat yang terdiri dari enam pesawat Boeing dan satu pesawat Hercules.

7. Menginap di empat hotel mewah di Jakarta

Kantor berita Antara melaporkan bahwa Raja Salman dan rombongan akan bermalam di empat hotel mewah selama kunjunggannya di Jakarta. Keempat hotel mewah itu adalah The Westin Jakarta, Raffles Hotel Jakarta, Ritz-Carlton Jakarta Mega Kuningan dan JW Marriott. Dilaporkan bahwa sudah ada 200 kamar yang dipesan di The Westin Jakarta dengan harga sewanya mulai dari 2 juta rupiah permalam.

8. Dihidangkan nasi kebuli dan buah lokal

Raja Salman dijadwalkan untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor pada 1 Maret. Dalam jamuan pertemuan tersebut, raja Salman beserta rombongan juga akan makan siang bersama dengan presiden Jokowi. Dikabarkan menu makan siang akan dihidangkan berbagai macam masakan lokal dan Timur Tengah seperti nasi kebuli.

Kepala Sekretariat Kepresidenan Darmansjah Djumala mengatakan bahwa masakan lokal yang akan dihidangkan berupa seafood, makanan penutup tradisional, dan buah-buahan lokal.

9. Berlibur enam hari di Bali

Kunjungan Raja Salman ke Indonesia dijadwalkan dari tanggal 1 hingga 9 Maret. Pada tanggal 4 Maret sampai 9 Maret, raja beserta rombongan akan berlibur di Bali. Gubernur Bali, Made Mangku Pastika mengatakan raja hanya ingin beristirahat di Bali. Dilaporkan 100 personel keamanan dikerahkan untuk mengamankan kunjungan raja Salman ke Bali. liburan tersebut diharapkan akan menarik lebih banyak wisatawan Arab Saudi untuk mengunjungi Bali.

10. Diterjunkannya 1o ribu personel kepolisian

Keamanan dan keselamatan raja selama di Indonesia sangatlah penting. Oleh karena itu Polri telah menyiapkan 10 ribu personel keamanan termasuk anggota TNI untuk mengamankan kunjungan. Para petugas tim keamanan gabungan akan ditempatkan di tiga lokasi berbeda yakni Jakarta, Bogor, dan Bali.

11. Membawa 460 ton kargo

Sebelum kedatangannya, raja Salman terlebih dahulu mengirimkan beberapa barang-barang pribadinya ke Jakarta dan Bali. Dengan berat total mencapai 450 ton termasuk di dalamnya dua unit mobile Mercedes Benz S600 dan dua lift listrik. Presdir PT. Jasa Angkasa Semesta, Adji Gunawan mengatakan 63 ton akan dibongkar di Halim Perdanakusuma dan sisanya 396 ton akan dibawa ke Bandara Internasional Ngurah Rai di Denpasar, Bali.

12. Mengunjungi Gedung DPR dan Masjid Istiqlal

Pada tanggal 2 Maret, Raja Salman dijadwalkan untuk memberikan pidato selama 10 menit di gedung DPR di Senayan, Jakarta Selatan serta mengunjungi Masjid Istiqlal. Selain keamanan, peralatan khusus juga telah diatur di dua tempat. DPR telah menyiapkan jalan portabel dan kursi khusus sesuai permintaan raja 81 tahun ini. Sementara itu, Masjid Istiqlal telah memasang lift dan menambahkan toilet baru. Lift ini dimaksudkan untuk mengangkut raja ke lantai dua, di mana ia akan menunaikan sholat Sunnah.

Fakta menarik seputar Raja Salman :

1. Hafal Al-Quran Pada Usia 10 tahun

Pada usia 10 tahun, Raja Salman sudah menghafal Al-Qur’an. Karena memang Raja Salman dibesarkan oleh keluarga yang disiplin. Bahkan Raja Salman pun menempuh pendidikan di Riyadh, sekolah khusus pangeran.

2. Punya Aset Triliunan Rupiah

Dikutip dari laporan pada tahun 2016, jumlah aset yang dimiliki oleh Raja Salman mencapai 18 miliar dolar Amerika atau setara dengan 24 triliun rupiah.

3. Meninggalkan Obama Demi Sholat

Pada tanggal 27 Januari 2015, Presiden Amerika Serikat saat itu, yakni Barrack Obama dan istrinya, melakukan kunjungan ke Arab Saudi untuk bertemu dengan Raja Salman. Kunjungan tersebut banyak diliput media internasional, pasalnya Obama dan istrinya ditinggal oleh Raja Salman ketika terdengan suara Adzan. Raja Salman ‘meminta izin’ untuk melaksanakan Sholat.

4. Cincin Raja Salman

Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin mendampingi Raja Salman dalam perjalanan dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta ke Istana Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3/2017).
Dalam perjalanan tersebut politikus Partai Persatuan Pembangunan itu duduk berdampingan dengan Raja Salman di dalam mobil sedan Mercedes-Maybach S600.
Di dalam mobil, Lukman menyempatkan wefie dengan sang penjaga dua kota suci guna menunjukkan keakraban.
Sebelumnya, Raja Salman juga wefie di dalam mobil dengan Perdana Menteri Malaysia, Mohd Najib Tun Razak.
Dari foto wefie yang disebar Lukman, terlihat jika Raja Salman mengenakan cincin bermata batu merah di jari kelingking kanannya.

Padahal, biasanya orang memakai cincin di jari manis.
Kemungkinan Raja Salman mengenakan cincin di jari kelingking itu meniru Nabi Muhammad SAW
.
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa mengenakan cincin di sini (jari kelingking).” (HR Muslim 2095).

5. Pemelihara 2 mesjid suci

Masjidil Haram dan masjid Nabawi. Digelari Khadimur Haramain as-Syarafain (pelayan 2 kota suci.

6. Meneytujui eksekusi Keponakanya.

Pada Oktober 2016 menyetujui eksekusi terhadap keponakanya, pangeran Turki bin Saud al-kabir.

7. Gencar memerangi korupsi.

Saat menjadi gubernur Riyadh, februari 1963-5 november 2011 gencar memerangi korpsi.

8. Pamit shalat saat menyambut Barack Obama

Saat menyambut kedangan presiden Barack Obama, begitu terdengar suara adzan dia langsung pamit shalat.

9. Ramah

Raja Salman selalu merespon dengan ramah para jamaah yang menyalaminya saat thawaf

10. Membagikan Bonus

Raja Salman pernah membagikan bonus untuk rakyat saudi senilai 32 miliar dolar AS.
[Alislamedia]

Post a Comment

Al Islam Media

{picture#https://3.bp.blogspot.com/-V4XUeP9LVA8/WLwqjo21LNI/AAAAAAAAARw/SGjAYHt5FwEOpcj3egrtlDJ64MnIQWlXwCLcB/s1600/logo-Normal.jpg} Alislamedia adalah sebuah website yang dibangun dengan tujuan untuk berdakwah dijagad maya dengan ajaran yang sesuai dengan Ahlu Sunnah Wal Jamaah. {facebook#https://www.facebook.com/Al-Islam-Media-951541374980584/} {twitter#https://twitter.com/alislamedia} {google#https://plus.google.com/112566233403143663912}
Powered by Blogger.