Alasan pentingnya belajar sirah nabawiyah

B anyak orang di kalangan umat Islam tertarik membaca biografi orang-orang terkenal dan sukses. Mereka membacanya dengan tujuan meneladani dan berusaha meniru mereka agar bisa menggapai kesuksesan serupa. Namun sayangnya, ketertarikan serupa tidak kita dapatkan pada buku-buku biografi Nabi Muhammad ï·º. Sehingga sebagian besar umat ini, tidak mengenal seseorang yang mereka sebut dalam syahadat mereka. Mereka tidak mengenal orang nomor satu dalam agama yang mulia ini.

Sirah Nabawiyah (sejarah perjalanan Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam) adalah bagian dari agama Islam. Sebab, dengan sirah kita akan mengetahui kehidupan Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam secara detail dalam banyak hal.

Sungguh Allah Ta’ala berfirman tentang Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam,

“Dan tidaklah yang diucapkannya itu (Al-Qur’an) menurut keinginannya. Tidak lain (Al-Qur’an itu) adalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya.” (QS. An-Najm: 3-4).

Allah Ta'ala berfirman,

“(mereka Kami utus) dengan membawa keterangan-keterangan (mukjizat) dan kitab-kitab. Dan Kami turunkan Adz-dzikr (Al-Qur`an) kepadamu, agar engkau menerangkan kepada manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka dan agar mereka memikirkan.” (QS. An-Nahl: 44).

Al-Bayan (penjelasan) itu mengandung makna yaitu penjelasan dengan perkataan dan perbuatan, serta dengan justifikasi atas perbuatan, sementara Sirah Nabi di dalamnya mengandung aplikasi nyata dari pesan-pesan qur`ani.

Mengapa kita haru mempelajarinya ? berikut alasan-alasanya.

1.Sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bisa dijadikan suri teladan

dengan cara mengenal sejarah perjalanannya dan petunjuk-petunjuknya. Semua itu tidak mungkin terjadi, kecuali dengan cara mengabadikan perjalanannya dengan tulisan.

2. Sirah Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam adalah sejarah perjalanan manusia yang mulia sepanjang sejarah.

Itu adalah sejarah perjalanan penghulu anak cucu Adam Alaihissalam, sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, “Saya adalah Sayyid (Penghulu) anak cucu Adam pada hari kiamat.” (HR. Muslim).

3. Sirah Nabi adalah sumber kedua dari syariat Islam.

Perlu kita tahu, sumber kedua dalam syariat Islam dapat kita pahami dengan baik ketika kita telah mempelajari sirah Nabi. Ada beberapa hal yang menjadi sumber syariat Islam. Yang pertama adalah Alquran. Dan yang kedua adalah sunnah Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wasallam. Sunnah sendiri berarti segala perkataan, perbuatan, dan ketetapan Nabi.

4. Mengenal sosok Nabi Muhammad

Rasulullah ï·º adalah manusia terbaik. Beliau juga penutup para nabi dan rasul serta yang terbaik di antara mereka. Tokoh yang satu ini adalah tokoh terbesar dalam sejarah manusia, dari manusia pertama, Adam, hingga kelak terjadinya kiamat.

Tokoh satu ini sangat layak untuk dipelajari perjalanan hidupnya. Banyak alasan mengapa perjalanan hidup (sirah) beliau layak dipelajari. Alasan yang paling utama tentu saja, karena beliau seorang rasul, utusan Rab penguasa alam semesta. Jika Allah menghendaki, tentu Dia mampu berbicara kepada para hamba-Nya secara langsung. Namun Allah tidak menghendaki yang demikian, ia mengangkat seorang utusan yang menjadi perantara Dia dan hamba-hamba-Nya. Allah memilih beliau  dari seluruh hamba-hamba-Nya.

“Dan tiadalah yang diucapkannya itu (Alquran) menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).” (QS:An-Najm: 4).

5. Menimbulkan Kecintaan Kepada Nabi

Seseorang wajib mengupayakan bagaimana agar ia bisa mencintai Nabi ï·º. Karena mencintai beliau ï·º adalah sebuah kewajiban. Cinta kepada beliau harus di atas cinta kepada seluruh makhluk lainnya.

“Salah seorang di antara kalian tidak beriman (dengan sempurna) sampai aku lebih dicintainya dari anak dan kedua orang tuanya serta seluruh manusia.” (HR. Bukhari dan Muslim).

6. Ilmu Sirah Nabawiyah adalah ilmu yang luas.

Ruang lingkupnya adalah semua macam ilmu pengetahuan agama, karena dengan ilmu sirah, kita bisa mengetahui banyak hal yaitu akidah, hukum, akhlak dan moral, dan ilmu dalam mendakwahi manusia agar kembali kepada Allah Ta’ala. [Alislamedia]

Post a Comment

Al Islam Media

{picture#https://3.bp.blogspot.com/-V4XUeP9LVA8/WLwqjo21LNI/AAAAAAAAARw/SGjAYHt5FwEOpcj3egrtlDJ64MnIQWlXwCLcB/s1600/logo-Normal.jpg} Alislamedia adalah sebuah website yang dibangun dengan tujuan untuk berdakwah dijagad maya dengan ajaran yang sesuai dengan Ahlu Sunnah Wal Jamaah. {facebook#https://www.facebook.com/Al-Islam-Media-951541374980584/} {twitter#https://twitter.com/alislamedia} {google#https://plus.google.com/112566233403143663912}
Powered by Blogger.