Fitnah Dzakir Naik, Sido Muncul akhiri kontrak Ernest

Stand-up comedian atau yang kerap disebut komika, Ernest Prakasa kembali membuat pernyataan yang menimbulkan polemik. Sutradara Cek Toko Sebelah itu menyebutkan bahwa dai internasional Dr Zakir Naik adalah orang yang mendanai Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

"JK dengan hangat menjamu Zakir Naik, orang yang terang-terangan mendanai ISIS. Sulit dipahami," kata Ernest itu melalui akun Twitternya ahad lalu (5/3/2017).

Pernyataan Ernest itu mengacu pada laman situs Dailymail.co.uk yang menyebutkan "Controversial preacher Zakir's banned Islamic organisation 'gave Rs 80,000 to ISIS recruit who planned Republic Day terror attack"

"Kuota itu mbok dipake googling gitu lho. Ampun dah ah," kata Ernest menanggapi para followernya yang kontra dengan pernyataannya.

Pernyataan Ernest tentu mendapatkan reaksi keras dari umat Islam.

Diantaranya menjadi trendnya Hastag #BoikotTolakAngin yang membuat perusahaan Sido Muncul harus bertindak tepat.

Akhirnya Ia pun meminta maaf pada Netizen. "Setelah merenungkan, saya merasa saya salah karena terlalu percaya pada artikel tersebut tanpa riset yang lebih mendalam," kata Ernest melalui jejaring sosial, Senin (6/3/2017).

Hal tersebut katanya berkaitan dengan artikel yang ia baca "Controversial preacher Zakir Naik's banned Islamic organisation 'gave Rs 80,000 to ISIS recruit who planned Republic Day terror attack" dari salah satu situs berita ternama luar.

"Pertanyaan yang saya ajukan ke diri sendiri sejak tadi adalah: Bagaimana jika artikel tadi tidak benar? Apa saya menyebarkan hal yang salah?" katanya bertanya.

"Untuk itu, saya mohon maaf bila telah menyakiti hati teman-teman semua. Saya jamin permintaan maaf ini tulus tanpa tekanan dari pihak mana pun," ungkap penulis buku Ngenest itu.

"Buat teman-teman yang melabeli saya "anti Islam", saya sih pasrah aja. Mungkin itu konsekuensi yang harus saya tanggung, ya sudah,"

Dia menambahkan bahwa sejak kecil ia dibesarkan dilingkungan mayoritas Islam, sehingga alasan apa yang membuatnya harus membenci Islam ? Semua itu hanya karena artikel yang saya baca.

Di jejaring sosial Twitter sendiri sebuah tagar #BoikotTolakAngin menjadi topik yang sedang ngetren dibicarakan.  Hal tersebut terkait ulah Ernest Prakasa yang tak lain adalah bintang iklan produk Tolak Angin.

"Maaf tu mudah & bg Muslim mmaafkan jauh lbh mudah, tp tnpa dhukum? akn dtang jutaan @ernestprakasa #BoikotTolakAngin" Cuit akun twitter @Uusrsd

"#BoikotTolakAngin ga hbis pikir knp ahok ernest kristen hoby komentarin islam.Gereja ajarkan kebencian kah? Diajarkan sok tau ttg islam kah?" @Mukiyo14

"Kita tunggu pernyataan @Tolak_Angin hentikan musuh ummat islam ini 👉 @ernestprakasa 👈 sbg bntg iklannya.. kalau tidak #BoikotTolakAngin !!" @Tulak_bala

Mendengar cuitan-cuitan tersebut langkah strategis pun diambil produsen Tolak Angin PT Sido Muncul. Mereka tidak akan memperpanjang kontrak komika Ernest Prakasa. Langkah tersebut diambil menyusul pernah Ernest di jejaring sosial terkait Zakir Naik. Meski Ernest sudah meminta maaf, tetap muncul tagar boikot tolak angin yang merupakan produk yang dibintangi Ernest.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan bahwa, "Kami tidak memperpanjang kontraknya," jelasnya dalam jumpa pers di Restoran Sambara, JakselSelasa (7/3).

Kontrak Ernest, kata dia, memang akan berakhir bulan depan dan terjadinya kasus ini membuat Sido Muncul segera mengakhiri kontrak.

"Apa yang dilakukan Ernest di luar kerjasama dengan kami. Soal bintang iklan kami menjaga bila terjadi sesuatu perusahaan tidak tanggung jawab," tegasnya.

"Ernest sudah hubungi saya dan minta maaf, gara-gara pernyataannya menyusahkan Sido Muncul," ungkapnya.

Ia mengatakan juga  bahwa Ernest telah dikontrak selama 1 tahun dan dahulu dia dipilih karena sebagai komika.

Melihat respon Sido Muncul yang sigap dalam bertindak netizenpun memberikan pujian, diantaranya pujian yang dilontarkan akun twitter @Zarazettirazz :

"Teman2 yg kemarin lambungkan hestek #boikottolakangin sekarang lambungkan #SalutTolakAngin dong krn mrk telah bersikap tegas dan bijak"
[Alislamedia]

Post a Comment

Al Islam Media

{picture#https://3.bp.blogspot.com/-V4XUeP9LVA8/WLwqjo21LNI/AAAAAAAAARw/SGjAYHt5FwEOpcj3egrtlDJ64MnIQWlXwCLcB/s1600/logo-Normal.jpg} Alislamedia adalah sebuah website yang dibangun dengan tujuan untuk berdakwah dijagad maya dengan ajaran yang sesuai dengan Ahlu Sunnah Wal Jamaah. {facebook#https://www.facebook.com/Al-Islam-Media-951541374980584/} {twitter#https://twitter.com/alislamedia} {google#https://plus.google.com/112566233403143663912}
Powered by Blogger.